taman nasional takabonerate : surga bawah laut


Di antara sekian kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, Pulau Selayar adalah wilayah favorit wisata bahari. Sebutlah misalnya ada Taman Nasional Takabonerate. Program pemerintah Sulawesi Selatan dengan jargon “Visit Takabonerate 2012” menjadi daya tarik banyak wisatawan baik dari negara sendiri maupun negara lain untuk datang.
Taman Nasional Takabonerate adalah karang atol atau gugusan karang terbesar ketiga di dunia. Sebelumnya, ada Kwajifein Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas atol Taka Bonerate sekitar 220.000 hektar.
Untuk mengunjungi Takabonerate harus melalui Selayar. Dari Makassar kalau memilih jalur darat bisa ditempuh sampai 8 jam untuk sampai di kota Selayar yaitu Benteng. Kalau berangkat pagi, maka akan tiba di Benteng sore. Dan jalur darat juga harus menyebrang menggunakan kapal Ferry dari dermaga Bira kabupaten Bulukumba selama kurang lebih 3 jam. Dapat juga menggunakan kapal cepat dari kota Bulukumba untuk sampai di Benteng. Perjalanan relatif singkat yaitu 1 jam. Untuk melanjutkan perjalanan dari Selayar ke Takabonerate berdasarkan berbagai sumber menggunakan kapal kayu dengan lama di laut 5 jam. Kalau memiliki mabuk laut, bawalah obat penghilang rasa mabuk. Dengan majunya sarana tranportasi, kapal cepat dari Selayar ke Takabonerate dapat mempercepat perjalanan untuk sampai di sana. Semoga pemerintah atau swasta dapat memberi sarana tersebut.
Selanjutnya jalur udara ke Selayar ada juga. Tapi itu hanya memiliki jadwal tertentu dan jumlah penumpang sekitar 15 orang. Berangkat dari bandara Makassar-bandara Selayar hanya 15 menit. Kalau senang kopi, maka cukup secangkir kopi di pesawat sampai selesai maka akan sampai pula di Selayar. Setelah di Selayar baru bergegas ke Takabonerate. Kalau masih sulit menjumpai penginapan, maka jangan sungkan untuk meminta tolong ke masyarakat sekitar untuk menginap. Sarana dan prasarana memang diharapkan dapat berkembang di Selayar dan Takabonerate sebagai pemilik laut yang indah. Kalau boleh bermimpi, Takabonerate bisa menjadi tempat tujuan wisata setelah Bali kalau di Indonesia, sedangkan kalau di luar negeri bisa disamakan wisata laut Maladewa yang di Asia Selatan.


Bagi para penyelam, wajib hukumnya menyelam di perairan Takabonerate, karena ada banyak terumbu karang cantik yang bisa dinikmati. Sekitar 261 jenis terumbu karang telah berhasil diidentifikasi di perairan ini. Dengan kedalaman 30-50 meter, Anda bisa menemukan beragam hewan laut yang cantik, sebut saja cacing laut dan ikan aneka warna. 

Tak hanya kaya akan terumbu karang, di taman nasioal ini terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi seperti kerapu dan cakalang. Alam bawah laut Takabonerate semakin cantik dengan adanya 244 jenis moluska, salah satunya ada nudibranch atau si siput telanjang.











Ditulis Oleh : fahmi ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul taman nasional takabonerate : surga bawah laut yang ditulis oleh belajarbersama yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di belajarbersama

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top