implementasi makassar smart city


Smart City merupakan suatu sistem yang mendorong peningkatan predikat good and clean govermance yang mempermudah masyarakat dalam mengawasi kebijakan pemerintah melalui telepon seluler. 

Dengan website makassartatidakrantasa.com, dimana didalamnya terdapat lima portal public service yang terdiri layanan-layanan digital kota Makassar dalam mewujudkan gerakan "Makassarta Tidak Rantasa (MTR), antara lain, E-Office, e-Pemerintahan, e-Puskesmas, Pengaduan Warga (u-Care MTR) dan Kuciniki.

Dimana, e-Office berguna untuk tata kelola surat kedinasan elektronik antar SKPD di Pemkot Makassar, e-Pemerintahan untuk pelayanan masyarakat dikelurahan, e-Puskesmas untuk melayani pasien di puskesmas. 

Sedangkan, Kuciniki (aku melihat) berupa layanan untuk meningkatkan kinerja pelayanan pemerintah kepada publik dan Makassarta Tidak Rantasa yang merupakan layanan baru pengaduan masyarakat melalui media sosial kepada Pemkot Makassar.

Dalam web makassartidakrantasa.com yang telah aktif e-Puskesmas di 10 puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Makassar. Untuk e-Kelurahan, Telkom mengaktifkan di 11 kelurahan di kecamatan Panakukkang. 

Sementara untuk e-Office, sebanyak 137 user diseluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah bisa menikmati tata kelola korespondensi pemerintahan secara digital.

"Salah satunya MTR merupakan aplikasi feedback dari masyarakat untuk pemerintah. Aplikasi ini dibuat dalam dua bentuk yaitu web based dan mobile apps yang bisa di download digoogle play store. Feedback dari masyarakat contohnya adanya jalan rusak, lampu lalu lintas mati dan lain-lain," kata EGM Telkom Divisi Solution Convergence, Achmad Sugiarto. FC Kuen

Ditulis Oleh : fahmi ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul implementasi makassar smart city yang ditulis oleh belajarbersama yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di belajarbersama

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top